HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PERILAKU CARING PADA PASIEN PALLIATIVE CARE DI RSPAD GATOT SOEBROTO TAHUN 2023

  • Sinta Fathinissah Zahra Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Medistra Indonesia
  • Kiki Deniati
  • Lina Indrawati

Abstract

Caring merupakan tindakan perawat yang menunjukan kasih sayang, empati serta ikhlas dalam merawat pasien. Pengetahuan perawat sangat mempengaruhi perilaku caring perawat karena perawat yang mempunyai pengetahuan tentang caring yang baik mempunyai landasan teori yang cukup untuk dirinya dalam mempraktikkan caring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat dengan perilaku caring pada pasien palliative care di RSPAD Gatot Soebroto Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik yang menggambarkan ada tidaknya hubungan tingkat pengetahuan perawat dengan perilaku caring pada pasien palliative care di RSPAD Gatot Soebroto Tahun 2023 dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 26 responden. Analisis menggunakan uji chi-square. Didapatkan hasil ada hubungan antara tingkat pengetahuan perawat dengan perilaku caring pada pasien palliative care di RSPAD Gatot Soebroto Tahun 2023. Didapatkan nilai p-value (0,038). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pengetahuan perawat dapat ditingkatkan, dengan bertambahnya pengetahuan perawat maka akan menghasilkan perawat yang berjiwa caring.

Kata Kunci : tingkat pengetahuan perawat, perilaku caring, palliative care

References

1. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Ed. Rev.2013, Cet.14). Rineka Cipta.
2. Arini Winarti Rinawati, S. (n.d.). ASUHAN KEPERAWATAN TERMINAL (Dilengkapi Dengan Contoh Praktik).
3. Connor, S. R., Sepulveda Bermedo, M. Cecilia., Organización Mundial de la Salud., & Worldwide Palliative Care Alliance (Londres). (2014). Global atlas of palliative care at the end of life. World Health Organization.
4. Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan.
5. Dirgahayu, N. P., & Dasuki, M. S. (2015). Tingkat Pengetahuan.
6. Hasil_Riskesdas_2013. (n.d.).
7. Hidayat, A. A. (2021). Menyusun instrumen penelitian uji validitas dan reliabilitas (N. A. Aziz, Ed.; 1st ed.). Health Books.
8. Ilham, R., & Mohammad, S. (n.d.). Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat.
9. Jean Watson, D., Muhlisin, A., ichsan, B., Muhlisin Dosen Jurusan Keperawatan FIK UMS jalan Ahmad Yani tromol Pos, A., Kartasura, P., & ichsan Dosen Fakultas Kedokteran UMS jalan Ahmad Yani tromol Pos, B. (n.d.). Aplikasi Model Konseptual Caring APLIKASI MODEL KONSEPTUAL CARING DARI JEAN WATSON DALAM ASUHAN KEPERAWATAN.
10. Keperawatan Sriwijaya, J., Pengetahuan Dengan Kemampuan Perawat Dalam Memberikan Perawatan Paliatif, H., Agung Istri Wulan Krisnandari, A. D., Made Sri Rahyanti, N., & Teknologi dan Kesehatan Bali, I. (n.d.). Artikel Penelitian.
11. Kusnato, S. Kep., M. K. (n.d.). BUKU 2019 MEMBANGUN PERILAKU CARING PERAWAT PROFSIONAL.
12. Lumankun, & Gabriely, F. (2020). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PERILAKU CARING PADA PASIEN DENGAN ULKUS DIABETIKUM DI RSU. GMIM PANCARAN KASIH MANADO.
13. Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Penerbit Salemba Medika.
14. Perry, P., & Hall, S. (2019). Dasar-Dasar Keperawatan (E. Novieastari, K. Ibrahim, Deswani, & S. Ramdaniati, Eds.; 9th ed., Vol. 1).
15. Puapita, E., & Fahrur Rozi, Mk. (n.d.). MODUL PEMBELAJARAN KEPERAWATAN PALIATIF.
16. Purbaningsih, E. S. Ns. , M. K., & Syaripudin, A. Ns. , M. K. (2021). Buku Ajar Keperawatan Paliatif Care.
17. Rahayu, S. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Caring Perawat di Rumah Sakit. Faletehan Health Journal, 5(2), 77–83. https://journal.lppm-stikesfa.ac.id
18. Rifkhan. (2020). Pedoman Metodologi Penelitian (abdul, Ed.). Cv. Adanu Abimata.
19. Salamung, N., & Mauruh, C. V. (n.d.). Kep 0917049001 Niswa Salamung.
20. Siyoto, S. SKM. , M. K., & Sodik, M. A. M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Letirasi Media Publishing.
21. UU Nomor 38 Tahun 2014. (n.d.). PRESIOEN R EPUBL IK INDONESIA Dengan Persetujuan Bersama DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA dan PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.
22. Wati, E. S. Kep. , Ners. , S. pd. , M. P., & Agustini, A. S. KM. , M. K. (2019). Keperawatan Paliatif dan Menjelang Ajal.
Published
2024-08-09