Hubungan Afirmasi Positif dan Pendampingan Keluarga Terhadap Kecemasan Ibu Bersalin Kala I di PMB Murtapiah

Hubungan Afirmasi Positif dan Pendampingan Keluarga Terhadap Kecemasan Ibu Bersalin Kala I di PMB Murtapiah

  • Renince Siregar STIKes Medistra Indonesia

Abstract

Persalinan adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan. Kecemasan akan muncul pada ibu trimeseter ketiga sampai saat menjelang persalinan. Untuk mengurangi adanyanya kecemasan saat ibu bersalin kala 1 Di Pmb Murtapiah Cikarang yaitu dengan cara  afirmasi  positif kepada diri ibu sendiri, afirmasi positif  dapat  menggantikan  pemikiran  yang  negatif  sehingga  melalui afirmasi dapat memperkuat rasa percaya diri dalam mengatasi situasi dan menghasilkan sesuatu positif dengan   cara   pengulangan   kalimat   penegasan   sehingga   tercipta   kecenderungan   seseorang   untuk mengucapkan hal-hal positif yang dapat meningkatkan integritas diri sehingga tercipta self-efficacy yang baik.  Data surveilans Di Pmb Murtapiah Cikarang pada bulan Februari sampai bulan Maret 2023 ada sebanyak 30 ibu bersalin dansebanyak 19 ibu bersalin dengan afirmasi positif yang baik terhadap kecemasan saat menjelang persalinan kala 1, dan afirmasi positif tidak baik terhadap kecemasan saat menjelang persalinan kala 1 yaitu sebanyak 11 ibu bersalin, sedangkan dari pendampingan keluarga terdapat sebanyak 17 ibu bersalin yang mendapatkan pendampingan keluarga yang baik dan sebanyak 13 ibu bersalin yang mendapatkan pendampingan keluarga yang kurang baik.   

Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan afirmasi positif terhadap kecemasan ibu bersalin kala 1 Di Pmb Murtapiah Cikarang.

Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dan teknik purposive sampling serta menggunakan kuesioner langsung kepada 30 responden, menggunakan uji statistik chi square untuk mengetahui adanya hubungan dari ketigavariabel.

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil analisis uji Chi Square dengan Sig. (2-tailed) dan nilai α 0.050 diperoleh nilai p value = 0.017 sehingga dapat dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima dan diperoleh nilai p value = 0.024 sehingga dapat dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima

Kesimpulan: Ada hubungan antara afirmasi positf terhadap kecemasan ibu bersalin kala dan ada hubungan antara pendampingan keluarga terhadap kecemasan ibu bersalin kala 1 Di Pmb Murtapiah Cikarang..

 

Kata kunci: Affirmasi postif, dukungan keluarga, kecemasan ibu bersalin

References

1. Fakultas, Nama, and Nama Fakultas. 2018. “Judul Ditulis Dengan Font Times New Roman 12 Cetak Tebal.” 18(1): 1–2.
2. Faustyna, Faustyna, and Jumani Jumani. 2017. “Pengaruh Pengembangan Karir Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (PERSERO) Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 15(1): 71–79.
3. HERMAYATI, SRI, KURNIYATI KURNIYATI, and EVA SUSANTI. 2022. “Efektifitas Diaphragm Breathing Exercise Kombinasi Aromaterapi Mawar Terhadap Skor Kecemasan Menjelang Persalinan Pada Ibu Hamil Primigravida Di Wilayah Kerja Puskesmas Durian Depun Tahun 2022.” Journal Of Midwifery 10(2): 55–64.
4. Indrayani, Triana, and Wiji Sumarni. 2019. “Efektivitas Afirmasi Tenaga Kesehatan Pada Tingkat Kecemasan Ibu Bersalin Multipara Di RSUD Bula Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2018/2019.” Jurnal Ilmu dan Budaya 41(63): 7489–94.
5. Nurrochmi, Endang, Neli Nurlina, and Rinela Padmawati. 2019. “Persiapan Spiritual Sebagai Upaya Menghadapi Persalinan Yang Nyamandi Wilayah Kerja Puskesmas Pamitran Kota Cirebon 2018.” Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(2): 115–19.
6. Parung, Viktoriana Trivoni, Shinta Novelia, and Anni Suciawati. 2020. “Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Kecemasan Ibu Bersalin Kala I Fase Laten Di Puskesmas Ronggakoe Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur Tahun 2020.” Asian Research of Midwifery Basic Science Journal 1(1): 119–30.
7. Reza, Veni et al. 2020. 7 Bussiness Law binus No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf%0Ahttp://business-law.binus.ac.id/2015/10/08/pariwisata-syariah/%0Ahttps://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839.
Published
2023-08-22