Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media PuzzleTerhadap PengetahuanTentang Karies Pada Siswa SDN 002 Samarinda

  • Winanda Febry Nurhani Putri Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Yona Palin T Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur
  • Nino Adib Chifdillah Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur

Abstract

Pendahuluan: Karies   gigi   adalah   salah   satu   masalah   kesehatan   gigi   dan   mulut yang sering terjadi pada anak-anak. Prevalensi karies gigi pada anak-anak di Kalimantan Tumr lebih tinggi dari prevalensi nasional. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah karies gigi pada anak adalah meningkatkan domain perilaku anak-anak terkait pencegahan karies gigi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan media puzzle terhadap pengetahuan dan sikap tentang karies gigi pada siswa SDN 002 Loa Janan Ilir.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Intervensi penelitian melalui pendidikan kesehatan dengan media puzzle. Sampel penelitian adalah 29 siswa kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir yang ditentukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil: Analisis univariat menunjukkan jumlah siswa yang memiliki pengetahuan baik dan sikap positif tentang pencegahan karies gigi bertambah pada saat posttest. Analisis bivariat menunjukkan bahwa secara statistik ada perbedaan pengetahuan (p-value= 0,000) dan sikap (p-value= 0,002) responden setelah diberikan intervensi penelitian.

Kesimpulan dan Saran: Ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media puzzle terhadap pengetahuan dan sikap tentang pencegahan karies gigi pada responden penelitian. Diharapkan adanya pengembangan dan penggunaan puzzle sebagai media pendidikan kesehatan dalam pelaksanaan program kesehatan terkait pencegahan karies gigi pada anak-anak.

 

 

References

[1]. Astuti, N. R. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan dan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Status Kesehatan Periodontal Pada Lanjut Usia. Jurnal Ilmiah Dan Teknologi Kedokteran Gigi, 14(2), 33-36.
[2]. Andriani, J., Daryati, ME. Pengaruh Penggunaan APE Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini: Studi Literatur. Jurnal
Research in Early Childhood Education and Parenting. 2021. 2(1) : 30-37.
https://doi.org/10.17509/recep.v2i1.30670
[3]. Agung Prasatiya, R., Kusuma Astuti, I. N., & Sarwo Edi, I. (2022). HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG KARIES DENGAN PREVALENSI KARIES GIGI MOLAR PERTAMA PERMANEN (Pada Siswa Kelas IV SDN Pasongsongan IV Kecamatan Pasongsongan Sumenep). Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 3(2), 220–232.
[4]. Ety Sofia Ramadhan dkk. (2023). Pelatihan Kader dalam Penggunaan Media Trifold Display Board 3D sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Ketrerampilan Menggosok Gigi bagi Anak Usia Dini di Desa Patumbak I Deli Serdang Cadre Training in Using Trifold Display Board 3D Media as an Effort. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–35.
[5]. Lin GSS, Tan W-W, Tan H-J, Khoo C-W, Afrashtehfar KI. Innovative Pedagogical Strategies in Health Professions Education: Active Learning in Dental Materials Science. Journal of IJERPH. 2023. 20(3) : 2041-2051.https://doi.org/10.3390/ijerph20032041
[6]. Modul Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut pada 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak. (2021). (n.p.): Airlangga University Press.
[7]. Pay, M. N., Wali, A., Fankari, F., & Purnama, T. (2023). PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE TENTANG KARIES GIGI SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN GIGI DAN
Published
2024-11-05
How to Cite
Putri, W., Palin T, Y., & Adib Chifdillah, N. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media PuzzleTerhadap PengetahuanTentang Karies Pada Siswa SDN 002 Samarinda. Jurnal Ayurveda Medistra, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51690/medistra-jurnal123.v6i1.114