Edukasi Promosi Kesehatan Bahaya Merokok dengan Konten Tiktok terhadap Pengetahuan Siswa SMKN 1 Samarinda
Abstract
Rokok menjadi satu dari sejumlah masalah perilaku kesehatan masyarakat yang bukan hanya terjadi dikalangan dewasa, tetapi juga bagi anak-anak dan remaja. WHO menyatakan bahwa tembakau bahan baku utama rokok mengandung lebih dari 7.000 senyawa, dengan setidaknya 250 di antaranya berbahaya dan sekitar 70 menyebabkan kanker. Dampak dari bahaya rokok tidak hanya dirasakan oleh perokok aktif, tetapi juga oleh orang-orang di sekitar mereka yang terpapar asap rokok. Rendahnya pengetahuan tentang bahaya rokok menjadi faktor remaja berperilaku merokok, banyak dari remaja yang mulai mencoba-coba rokok dan ketagihan sehingga cenderung mempertahankan kebiasaan ini hingga dewasa. Salah satu upaya mencegah peningkatan prevalensi remaja merokok adalah melalui edukasi promosi kesehatan yang memanfaatkan konten tiktok, yang sedang populer dikalangan remaja saat ini. Penelitian ini menerapkan metode pre-experimental melalui rancangan one-group pretest post-test. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan pada penelitian ini ialah purposive sampling dengan sampel sebesar 30 responden. Hasil penelitian menggunakan Uji Wilcoxon secara statistik menunjukkan ada pengaruh terhadap pengetahuan (p-value: 0,001) setelah diberikan intervensi. Dengan demikian, edukasi promosi kesehatan menggunakaan konten tiktok efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja mengenai bahaya rokok. Diharapkan agar program edukasi yang memanfaatkan platform media sosial khususnya tiktok, dapat terus dikembangkan untuk edukasi masalah kesehatan lainnya.
References
[2]. Amirah, N. et al. (2024) „Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Solusi Permasalahan Siswa Kurang Menyukai Pembelajaran Matematika‟, Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(4), pp. 54–64. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i4.84.
[3]. BPS Provinsi Kalimantan Timur (2023) Provinsi Kalimantan Timur Dalam Angka Kalimantan Timur Province in Figures 2023. Kalimantan Timur: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur.
[4]. Devi, A.A. (2022) „Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran‟, Jurnal Epistema, 3(1), pp. 1–17. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990.
[5]. Hendriani, D., Irma Wiherlina, A. and Firdaus, R. (2023) „Pengetahuan Ibu Menyusui terhadap Pemberian Kolostrum di Puskesmas Pasundan‟, Mahakam Midwifery Journal, 8(1), pp. 15–23. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35963/mmj.v8i01.190.
[6]. Hidayati, I.R., Pujiana, D. and Fadillah, M. (2020) „Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa tentang Bahaya Merokok Kelas XI SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang Tahun 2019‟, Jurnal Kesehatan, 12(2), pp. 125–135. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jk.v12i2.9769.
[7]. Hulu, V.C. and Zai, M.F. (2021) „Pengaruh Media Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Merokok di SMP Pencawan School Medan Tahun 2019‟, Public Health Journal, 7(2), pp. 73–82. Available at: https://36.91.220.51/ojs/index.php/phj/article/view/82.
[8]. Jannah, M. and Hertina (2022) „Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Rokok di SMA Negeri 2 Palopo‟, An-Nadaa Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), p. 8. Available at: https://doi.org/10.31602/ann.v9i1.5840.
[9]. Kementerian Kesehatan RI (2022) Panduan Pelaksanaan ‘Rokok Ancaman Kesehatan dan Lingkungan’. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.
[10]. Listiana, S. and Yulianti, F. (2021) „Pengaruh Video Animasi tentang Bahaya Merokok terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja‟, Jurnal Kesehatan Siliwangi, 2(1), pp. 185–193. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.34011/jks.v2i1.1826.
[11]. Martins, J.S. et al. (2023) „Smoking Among High School Students in Dili, Timor-Leste: Prevalence, Potential Determinants and Opportunities for Prevention and Control‟, Asia-Pacific Journal of Public Health, 35(5), pp. 342–350. Available at: https://doi.org/10.1177/10105395231173743.
[12]. Puskesmas Segiri (2022) Hasil Skrining Perilaku Merokok SMK Negeri 01 Samarinda. Samarinda
[13]. Riani, P., Sukriani, W. and Lucin, Y. (2023) „Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Smk-N 4 Palangka Raya‟, Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 10(2), pp. 307–320. Available at: https://doi.org/10.36743/medikes.v10i2.553.
[14]. Sinundeng, O.M., Engkeng, S. and Ratag, B.T. (2020) „Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pengetauan Dan Sikap Peserta Didik tentang Bahaya Merokok di SMA dan SMK Lirung Talaud‟, Jurnal KESMAS, 9(7), pp. 95–105.
[15]. Tryastuti, D. and Widyaningsih, F.D.
(2022) „Hubungan Personal Factors Dan Interpersonal Influences Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Perempuan‟, REAL in Nursing Journal, 5(2), p. 128. Available at: https://doi.org/10.32883/rnj.v5i2.1993.
[16]. WHO (2023) Freedom from Tobacco and Nicotine: Guide for Schools. World Health Organization. Available at: https://www.who.int/publications/i/item/9789240080553.
[17]. Wumbu, Y.L.E. and Eriend, D. (2021) „Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Gaya Komunikasi Siswa SDN 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat‟, JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(3), pp. 92–99. Available at: https://doi.org/10.47233/jkomdis.v1i3.193
[18]. Zulaikhah, V., Wijayadi, K. and Juliyanto, E. (2021) „Evaluasi Hasil Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya Kandungan Dalam Rokok‟, Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 4(2), pp. 510–515. Available at: https://doi.org/10.31002/nse.v4i2.1904.