Pengaruh Edukasi Diet Diabetes Dan Senam Kaki Terhadap Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Di Puskesmas Padurenan RT 002 / RW 10 Bekasi 2019

  • Ernauli Meliyana STIKes Medistra Indonesia
Keywords: education, diabetic, legs exercise

Abstract

Diabetes Melitus merupakan suatu penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup. Penyakit Diabetes Melitus di Indonesia akan terus mengalami kenaikan seiring perubahan gaya hidup yang kurang sehat, terutama pola makan yang tidak sehat dan aktifitas fisik yang kurang. Edukasi diikuti dengan aktifitas fisik diperlukan untuk  memberikan manfaat bagi tubuh karena dengan cara berolahraga dapat menurunkan gula darah. Aktivitas fisik yang dianjurkan berupa senam, dimana salah satunya adalah senam kaki diabetes yang merupakan kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh pasien diabetes melitus dalam rangka mencegah dan meminimalisir terjadinya luka, membantu memperlancar peredaran darah bagian kaki. Mengetahui Pengaruh edukasi diet diabetes dan aktivitas senam kaki diabetes terhadap kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus di Puskesmas Padurenan RT002/RW10 Bekasi 2019. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Quasi Exsperiment Time Series Design” dengan intervensi edukasi diet diabetes dan senam kaki diabetes. Jumlah sampel penelitian ini 12 responden.Uji statistik menggunakan Paired T-Test. Ada pengaruh edukasi diet diabetes terhadap tingkat pengetahuan dengan nilai p value sebesar 0.000 (p value< 0.05), dan ada pengaruh senam kaki diabetes  terhadap kadar gula darah dengan nilai p value sebesar 0.002 (p value< 0.05). Edukasi diet diabetes dan senam kaki diabetes berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus di Puskesmas Padurenan RT 002 / RW 10 Bekasi.

References

[1]. Bilous Rudy, R. D. (2015). Buku Pegangan Diabetes. (Barrarah Bariid, Ed.) (Edisi 4). Jakarta: Bumu Medika. .( Daftar pustaka dari buku)
[2]. Dharma Kelana Kusuma. (2015). Metodologi Penelitian Keperawatan (Pedoman Melaksanakan Dan Menerapkan Hasil). Jakarta Timur: Trans Info Media. .( Daftar pustaka dari buku)
[3]. Murwani Arita. (2014). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Penerbit Fitramaya. .( Daftar pustaka dari buku)
[4]. Novi Ayuwardani1. (2018). Pengaruh Pola Makan Terhadap Kadar Malondialdehid Plasma Sebagai Upaya Pencegahan Diabetes Mellitus Di Usia Remaja. Keperawatan. .( Daftar pustaka dari Jurnal)
[5]. Pranata Satriya, D. U. K. (2017). Merawat Penderita Diabetes Melitus (Edisi 1). Yogyakarta: Pustaka Panasea. .( Daftar pustaka dari buku)
[6]. Rita Fitri Yulita. (2019). Pengaruh Senam Kaki Terhadap Penurunan Skor Neuropati Dan Kadar Gula Darah Pada Pasien Dm Tipe 2. Journal Of Telenursing, 1. .( Daftar pustaka dari Jurnal)
[7]. Setiadi. (2016). Konsep Dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan (Edisi 2). Yogyakarta: Graha Ilmu. .( Daftar pustaka dari buku)
[8]. Setyoadi. (2018). Diabetic, Influence Of Nutrition Education With Calendar Method In Glucose, Patients’ Blood. Nurseline, 3. .( Daftar pustaka dari Jurnal)
[9]. Tandar Hans. (2018). Segala Sesuatu Harus Anda Ketahui Tentang Diabetes (Edisi 2). Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama. .( Daftar pustaka dari buku)
[10]. Dyah Restuning P. (2015). Efektifitas Edukasi Diabetes Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pengaturan Diet Pada Diabetes Melitus Tipe 2, 15. .( Daftar pustaka dari Jurnal)
[11]. Ridha Hidayat. (2017). Pengaruh Senam Terhadap Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Rsud Puri Husada Tembilahan Tahun 2016, 1. .( Daftar pustaka dari Jurnal)
Published
2020-08-28